Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Program Guru Belajar Seri Pendidikan Keterampilan Hidup [PKH]

 

Program Guru Belajar Seri Pendidikan Keterampilan Hidup (PKH)



Setiap hari di media massa menyajikan berbagai informasi dan berita. Di antaranya berita tentang tawuran pelajar, penyalahgunaan narkoba, perundungan [bullying], kesehatan, pelestarian lingkungan, sampah, konflik antar individu maupun kelompok, pelecehan, seks bebas, pernikahan dini, dan putus sekolah. Kejadian-kejadian yang diberitakan itu terjadi secara merata di seluruh tanah air. Pihak-pihak yang dilibatkan pun ada dalam berbagai kelompok usia, yang sebagian besar melibatkan remaja.

Kehidupan globalisasi saat ini memberikan banyak dampak bagi pertumbuhan dan perkembangan remaja. Di depan mereka terpampang dunia yang dapat dijelajahi dengan mudah, informasi yang cepat berubah, dan berbagai kecanggihan teknologi. Di balik itu, remaja juga disuguhi kehidupan yang penuh tantangan, risiko, dan masalah, serta budaya yang harus dilestarikan.

Ada tiga keterampilan pokok yang harus dimiliki seseorang agar bisa survive menjalani kehidupan, yaitu keterampilan akademik, keterampilan penghidupan, dan keterampilan hidup. Keterampilan akademik, seperti keterampilan memahami konsep-konsep ilmu pengetahuan, matematika, sains, dan literasi. Keterampilan penghidupan, seperti keterampilan menguasai tugas-tugas praktis yang digunakan dalam hidup, misalnya menjahit, bertani, pertukangan, dan lain-lain. Keterampilan hidup, yaitu keterampilan memahami diri sendiri, orang lain, dan dunia tempat kita hidup.

Pendidikan Keterampilan Hidup [PKH] mendukung remaja untuk mengembangkan dan menggunakan berbagai keterampilan sesuai dengan konteks individu mereka. Kurikulum PKH memuat pengetahuan yang sangat perlu dimiliki oleh para siswa-siswi sehingga dapat membentuk mereka menjadi remaja yang sehat dan bahagia. Melalui PKH, diharapkan siswa-siswi dapat menghadapi tantangan kehidupan sehari-hari, seperti menjalin hubungan sosial, menyelesaikan masalah, mengelola risiko, membuat keputusan, dan bekerjasama dengan orang lain.

Keterampilan Hidup

Ada 13 keterampilan hidup yang akan menjadi bekal seseorang dalam menjalani kehidupan yang baik, yaitu sebagai berikut.
  1. Mengatur diri sendiri: kemampuan untuk memahami dampak potensial dari pikiran dan tindakan seseorang pada diri mereka sendiri dan orang lain, dan mengubahnya jika diperlukan. 
  2. Kreativitas: kemampuan untuk melakukan pendekatan terhadap permasalahan dan tugas, dengan cara-cara baru dan berbeda.
  3. Berpikir kritis: kemampuan untuk menganalisis informasi secara menyeluruh, termasuk membedakan antara mitos dan fakta, dan mempertimbangkan berbagai pendapat dan sudut pandang.
  4. Berpartisipasi: kesediaan untuk manjadi bagian dari sebuah kegiatan tim atau diskusi kelompok.
  5. Berempati: kemampuan untuk mempertimbangkan kebutuhan dan perasaan orang lain.
  6. Menghargai perbedaan: kemampuan untuk menghargai dan menilai orang lain yang berbeda-beda, berikut dengan perspektif, kepercayaan, dan pendapat mereka.
  7. Mengambil keputusan: kemampuan untuk memilih tindakan terbaik dari berbagai kemungkinan, mempertimbangkan akibat-akibat dari keputusan yang diambil.
  8. Bernegosiasi: kemampuan untuk mempertimbangkan kebutuhan dan perspektif yang berbeda dari sekelompok orang, untuk mencapai hasil terbaik bagi semua orang yang teribat di dalamnya.
  9. Bekerja sama: kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain untuk menuju sebuah tujuan bersama.
  10. Menyelesaikan masalah: kemampuan untuk menyelesaikan masalah untuk kepuasan berama semua pihak.
  11. Berkomunikasi: kemampuan untuk mengungkapkan ide dan keyakinan seseorang dengan cara yang meyakinkan.
  12. Resilien [ketahanan/ketangguhan]: kemampuan untuk bangkit kembali setelah melewati pengalaman-pengalaman sulit. 
  13. Mengelola stress dan emosi: kemampuan untuk mengidentifikasi dan mengelola perasaan dan emosi.

Selengkapnya mengenai PKH, silahkan klik modul-modul berikut.

Modul 1: Mengenal Diri Sendiri

Modul 2: Membentuk Kebiasaan Sehat

Modul 3: Mengembangkan Hubungan yang Saling Menghormati

Modul 4: Menciptakan Dunia yang Lebih Baik

Modul 5: Melakukan Aksi


Silahkan download Buku Kerja PKH untuk Siswa dan Guru:

Buku Kerja Siswa Pendidikan Keterampilan Hidup

Buku Panduan Kerja Guru Pendidikan Keterampilan Hidup

 

Post a Comment for "Program Guru Belajar Seri Pendidikan Keterampilan Hidup [PKH]"