Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ruang Kolaborasi-Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

 

Ruang Kolaborasi-Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Pada tahapan pembelajaran yang keempat, diharapkan CGP semakin memiliki pemahaman yang semakin baik terkait dengan konsep kepemimpinan murid. Di tahapan belajar yang keempat ini, CGP akan mulai menggunakan pengetahuan dan pemahaman tersebut untuk mencoba membayangkan sebuah program atau kegiatan sekolah yang secara sengaja dirancang untuk mendorong tumbuhnya kepemimpinan murid. 

Nama Program: Gebyar Produk Kreatif Siswa

Karakteristik Lingkungan yang Menumbuhkembangkan Kepemimpinan Murid:

  • Lingkungan yang melatih keterampilan yang dibutuhkan murid dalam proses pencapaian tujuan akademik maupun non-akademiknya.
  • Lingkungan yang mengembangkan keterampilan berinteraksi sosial secara positif, arif dan bijaksana.

Jenis Kegiatan: Kokurikuler

Jenjang: SD/SMP/SMA/SMK 

What?

Gebyar Produk Kreatif siswa adalah pameran produk siswa, yaitu barang dan jasa yang ditujukan pada warga sekolah, masyarakat umum, dan institusi/lembaga lain.

Gebyar Produk Kreatif Siswa bertujuan:

  1. Mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh di kelas
  2. Mengembangkan kewirausahaan/entrepreneurship siswa
  3. Menumbuhkan kepercayaan diri siswa
  4. Menumbuhkan kemandirian, kreativitas, bernalar kritis, dan kegotongroyongan dengan rekan siswa

How?

Teknis kegiatannya adalah siswa membuat kelompok-kelompok kerja yang akan membuat produk dan melayani pelanggan. Siswa menyiapkan sarana ⟮alat-alat), dan bahan untuk pembuatan produk. Jika tidak ada, siswa mengusulkan pada guru atau mengadakan secara swadaya. Siswa mengadministrasikan pendapatan dan pengeluaran. 

Produk yang dipamerkan adalah hasil kerajinan, prakarya, karya seni, makanan, dan minuman. Produk jasa yang ditawarkan adalah Service komputer/laptop, sepeda motor, loundry, dan cuci sepeda motor.

Why?

  1. Memberikan ruang kepada siswa untuk mengekspresikan diri melalui karya sesuai minat dan bakatnya
  2. Mengembangkan interaksi positif antar siswa 
  3. Meningkatkan keterampilan siswa pada bidang kejuruan, prakarya, kewirausahaan/entrepreneurship dan kecerdasan sosial 
  4. Menjadikan momentum Hari Ulang Tahun Sekolah sebagai ajang siswa untuk berkarya, berkolaborasi, berkreasi, dan berinovasi

When?

Gebyar Produk Kreatif Siswa dilaksanakan serangkaian hari ulang tahun sekolah

Who?

Pihak yang terlibat adalah:

  1. Siswa
  2. Warga sekolah
  3. Masyarakat
  4. Lembaga/instansi lain

Suara, Pilihan, dan Kepemilikan Siswa

Guru dapat mempromosikan suara siswa dengan cara:

  • Siswa menyampaikan ideide/masukan tentang produk yang akan dibuat
  • Siswa menyusun rencana kegiatan
  • Siswa menyiapkan tempat
  • Siswa mengusulkan alat/bahan yang diperlukan
  • Siswa mengevaluasi kegiatan

Guru dapat mempromosikan pilihan siswa dengan cara: 

  • Siswa bebas masuk ke kelompk yang diinginkan
  • Siswa bebas memilih peran dalam kelompok
  • Siswa memilih strategi pemasaran yang disukai

 Guru dapat mempromosikan kepemilikan siswa dengan cara: 

  • Siswa mengadministrasikan pendapatan dan pengeluaran
  • Siswa memperoleh profit dari keuntungan
  • Siswa memposting kegiatan di medsos

Berikut ini tampilan Poster yang dipresentasikan.

Ruang Kolaborasi-Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Ruang Kolaborasi-Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Ruang Kolaborasi-Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Ruang Kolaborasi-Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Ruang Kolaborasi-Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Ruang Kolaborasi-Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Ruang Kolaborasi-Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Ruang Kolaborasi-Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Ruang Kolaborasi-Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid"