Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Refleksi Terbimbing-Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Refleksi Terbimbing-Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

 

Pembelajaran kelima, refleksi terbimbing adalah CGP melakukan refleksi dan metakognisi terhadap proses pembelajaran yang telah dilewati, dan apa yang harus dipertimbangkan kemudian dalam menyusun program/kegiatan yang berdampak  pada murid.

  1. Apa yang menarik bagi Anda setelah mempelajari pengelolaan program yang berdampak pada murid?
  2. Apa yang mengejutkan yang Anda temukan dalam proses pembelajaran tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid?
  3. Apa yang berubah yang akan Anda lakukan setelah memahami atau mempelajari materi ini?
  4. Apa yang menantang  bagi Anda untuk memahami apa yang disampaikan dalam modul ini?
  5. Sumber-sumber dukungan yang saya miliki untuk membantu saya menyusun program yang berdampak pada murid.

Refleksi Terbimbing

Hal yang menarik bagi saya setelah mempelajari pengelolaan program yang berdampak pada murid adalah membuat suatu program/kegiatan yang dapat meningkatkan kepemimpinan murid, mempromosikan aspek suara, pilihan, dan kepemilikan murid dalam menyusun program/kegiatan, dan mengoptimalkan sumber daya sekolah dalam menyusun program/kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler.

Hal yang mengejutkan bagi saya adalah dalam menyusun program/kegiatan yang berdampak pada murid, guru harus melibatkan penuh murid-murid, sehingga program/kegiatan yang direncanakan menjadi milik murid. Dengan demikian, murid akan melaksanakannya dengan sepenuh hati, sehingga kepemimpinan murid dapat dilatih dan ditingkatkan.

Yang berubah dalam melakukan pengelolaan program yang berdampak pada murid adalah saya lebih memberikan kesempatan kepada murid untuk memberikan suara, menentukan pilihan, dan merasakan kepemilikan kegiatan yang dilakukan. Selain itu, saya memberdayakan aset yang ada di sekolah dan lingkungan sekitar sekolah dalam melaksanakan program/kegiatan. Program yang dirancang akan memberdayakan lingkungan yang mengembangkan kepmimpinan murid.

Yang menantang untuk dipahami adalah bagaimana membuat murid menyampaikan suaranya tentang kegiatan yang diinginkan, menghimpun suara-suara murid, memberikan murid pilihan-pilihan yang membuatnya mampu mengambil keputusan yang dapat dipertanggungjawabkan, serta menghargai kepemilikan murid dalam program/kegiatan yang dirancang dan dilaksanakan.

Sumber dukungan yang saya miliki adalah kepala sekolah yang mendukung program yang direncanakan, rekan sejawat yang siap menjadi rekan sharing, diskusi, dan refleksi atas program yang direncanakan, murid yang memiliki minat, bakat, dan potensi yang siap diberdayakan, sarana-prasarana sekolah yang mendukung program, orang tua murid yang menjadi penuntun murid dalam belajar di rumah, lingkungan sekitar sekolah, dan masyarakat yang menjadi tempat murid belajar sekaligus mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh di sekolah.

Post a Comment for "Refleksi Terbimbing-Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid"