Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal-soal Materi Peluang Kejadian

Soal-soal Materi Peluang Kejadian
Materi Peluang Kejadian memiliki 5 sub materi yang saling terkait, yaitu Pengertian Peluang Kejadian, Frekuensi Harapan, Peluang Kejadian Saling Lepas, Peluang Kejadian Saling Bebas, dan Peluang Kejadian Bersyarat. Kelima sub materi ini telah dipelajari sebelumnya, dan sudah melakukan Latihan Soal Materi Peluang Kejadian.

Berikut ini adalah kumpulan soal-soal materi Peluang Kejadian yang dapat dipakai latihan dan melengkapi tugas-tugas.

Pengertian Peluang Kejadian ⟮1⟯

  1. Sebuah dadu dilempar undi sekali. Berapa peluang munculnya mata dadu bernomor 6? 
  2. Satu keping uang logam dilempar undi sekali. Berapa peluang munculnya angka? 
  3. Hitunglah peluang munculnya mata dadu bernomor genap apabila sebuah dadu dilempar undi sekali!
  4. Berapa peluang terambilnya kartu As apabila satu kartu diambil secara acak dari satu set kartu Remi?
  5. Dalam sebuah kolam ikan terdapat 4 ekor lele dan 8 ekor gurami. Jika diambil 1 ekor ikan secara acak, berapa peluang terambilnya 1 ekor lele?

Pengertian Peluang Kejadian ⟮2⟯

  1. Sebuah dadu diundi sekali. Berapa peluang munculnya mata dadu bernomor 3?
  2. Dua keping uang logam dilempar undi sekali. Berapa peluang munculnya 2 gambar?
  3. Dua buah dadu dilempar undi sekali. Berapa peluang munculnya mata dadu berjumlah 8?
  4. Tiga keping uang logam dilempar undi sekali. Berapa peluang munculnya 3 angka? 
  5. Dari toolbox yang berisi 3 obeng, 2 tang, dan 5 kunci diambil sebuah alat secara acak. Berapa peluang terambilnya sebuah tang?

Frekuensi Harapan

  1. Satu keping mata uang logam dilempar 20 kali. Berapa frekuensi harapan munculnya gambar?
  2. Dua buah dadu dilempar undi 36 kali. Berapa frekuensi harapan munculnya jumlah mata dadu berjumlah 9?
  3. Peluang kelahiran bayi mengalami folio adalah 0,03. Jika terjadi 1200 kelahiran, berapa bayi yang beresiko terkena folio?
  4. Peluang kerusakan Handphone A pada proses produksi adalah 0,0012. Jika diproduksi sebanyak 100.000 Handphone, berapa unit Handphone yang baik?
  5. Dalam proses impor dari Jepang ke Indonesia, sebuah ECU [Electronic Control Unit] mobil memiliki peluang kerusakan sebesar 0,01%. Jika dilakukan impor sebanyak 25.000 unit ECU, berapa ECU yang mengalami kerusakan?

Peluang Kejadian Saling Lepas

  1. Berapa peluang terambilnya kartu As atau King apabila satu kartu diambil secara acak dari satu set kartu Remi?
  2. Dalam toolbox terdapat hand tool berikut: 3 obeng min, 3 obeng plus, dan 2 tang. Jika diambil 1 alat secara acak, berapa peluang terambilnya obeng plus atau tang?
  3. Dalam sebuah kantong plastik terdapat 7 buah tomat, 8 buah apel, dan 5 buah jeruk. Siswa Tata Boga mengambil 1 buah secara random. Berapa peluang terambilnya tomat atau apel?
  4. Dua buah dadu dilempar undi sekali. Berapa peluang munculnya mata dadu berjumlah 6 atau 8?

Peluang Kejadian Saling Bebas

  1. Dalam kotak pertama terdapat 5 bola merah dan 4 bola biru, kotak kedua terdapat 6 bola merah dan 2 bola putih. Dari masing-masing kotak diambil 1 bola. Berapa peluang terambil bola biru dari kotak pertama dan bola merah dari kotak kedua?
  2. Dua dadu, 1 merah dan 1 putih dilempar undi bersamaan. Berapa peluang munculnya angka 2 pada dadu merah dan angka 6 pada dadu putih?
  3. Toolkit pertama berisi 3 obeng, 2 tang, dan 5 kunci. Toolkit kedua berisi 2 obeng, 2 tang, dan 3 kunci. Jika diambil satu alat dari tiap Toolkit, berapa peluang terambilnya sebuah obeng dari toolkit pertama dan sebuah kunci dari toolkit kedua? 

 Tips: Kerjakan tugas sedikit demi sedikit, jangan tunggu deadline!

Peluang Kejadian Bersyarat

  1. Dari sebuah toolbox yang berisi 4 obeng, 3 tang, dan 8 kunci akan diambil 2 alat secara acak, yaitu satu demi satu tanpa dikembalikan. Berapa peluang terambilnya tang pada pengambilan pertama dan obeng pada pengambilan kedia?
  2. Ada 3 kotak peralatan lab TKJ, masing-masing berwarna merah, hitam, dan cokelat. Kotak merah berisi 3 obeng plus, 2 obeng min, 1 tang, dan 2 tespen. Kotak hitam berisi 3 obeng plus, 3 obeng min, 2 tang, dan 1 tespen. Kotak cokelat berisi 4 obeng plus, 2 obeng min, 2 tang, dan 3 tespen. Dipilih sebuah kotak secara acak dan dari kotak terpilih diambil sebuah alat secara acak. Berapa peluang terambilnya sebuah tespen dari kotak merah?
Soal-soal di atas dapat dipilih sesuai dengan sub materi yang belum dikerjakan. Tanyakan kepada teman atau tulis di kolom komentar di bawah jika mengalami kendala. 
Selamat Bekerja!

1 comment for "Soal-soal Materi Peluang Kejadian"

  1. Form pengumpulan Tugas untuk materi Peluang Kejadian:
    https://forms.gle/LiwrRpizRxVqRh159

    ReplyDelete