Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal-soal Kaidah Pencacahan, Permutasi, dan Kombinasi

Soal-soal Kaidah Pencacahan, Permutasi, dan Kombinasi

Materi Kombinatorik memiliki beberapa sub materi, yaitu Kaidah Pencacahan, Notasi Faktorial, Permutasi, dan Kombinasi. Berikut ini adalah soal-soal pelengkap yang dapat digunakan sebagai latihan maupun sebagai tugas yang harus dikerjakan oleh siswa yang belum mengirimkan tugas, mulai dari tugas 1 sampai dengan tugas 4.

Tugas 1 [Kaidah Pencacahan]

  1. Pak Sutama akan memproduksi 3 jenis kue, yaitu Dadar, Bakpao, dan Roti, dengan 3 jenis isian, yaitu Cokelat, Gula aren, dan Kacang hijau. Berapa macam kue yang bisa dijadikan alternatif untuk diproduksi oleh pak Sutama?
  2. Dari Amlapura ke SMKN 1 Manggis bisa melalui jalus Sang Hyang Ambu dan Selat [2 jalur]. Dari SMKN 1 Manggis ke Klungkung bisa melalui jalur Kusamba dan By Pass [2 jalur]. Ada berapa alternatif pilihan jalan yang bisa dilalui jika seseorang berangkat dari Amlapura ke SMKN 1 Manggis kemudian menuju Klungkung?
  3. Diberikan angka 0,1,2,3,4,5. Jika disusun menjadi bilangan puluhan genap, berapa banyak bilangan yang dapat disusun?

Tugas 2 [Notasi Faktorial]

Satu tugas terlewatkan, tugas lain akan menunggu. Tuntaskan sekarang juga!

Tugas 3 [Permutasi]

  1. Dalam pemilihan pengurus Ekstrakurikuler Tari, ada 6 bakal calon. Akan dipilih ketua, wakil ketua, sekretaris, dan bendahara. Berapa banyak susunan pengurus yang dapat dibuat?
  2. Agus, Budi, Candra, Dewi, dan Erni akan dipilih menjadi ketua, sekretaris, dan bendahara. Berapa banyak susunan pengurus yang dapat dibuat?

Tugas 4 [Kombinasi]

  1. Dari 5 warna dasar, akan dicampurkan sebanyak 3 warna. Berapa warna baru yang dihasilkan?
  2. Ekstra Darmagita beranggota 6 orang siswa. Akan dipilih perwakilan untuk lomba Wirama sebanyak 2 orang. Berapa kombinasi perwakilan siswa peserta lomba yang dapat dibuat?
  3. Ekstrakurikuler bola basket beranggota 9 orang. Jika akan dibentuk 1 tim bola basket, berapa kombinasi pemain yang dapat dibuat?

Jangan ragu untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas, pada kolom komentar di bawah. Gunakan link yang ada di kolom komentar untuk mengumpulkan tugas.

Selamat Bekerja!


2 comments for "Soal-soal Kaidah Pencacahan, Permutasi, dan Kombinasi"

  1. Link pengumpulan tugas: https://forms.gle/TQaEP1MCCnUigZic8

    ReplyDelete