Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mengerjakan Soal Ujian Online

Tips Mengerjakan Soal Ujian OnlineBagi siswa SMA/SMK, saat ini sudah akan memasuki kegiatan akhir semester, yaitu Penilaian Akhir Semester atau Ulangan Akhir Semester. Hampir semua sekolah masih menerapkan pembelajaran jarak jauh dengan sistem pembelajaran online ⟮dalam jaringan/daring⟯. Oleh karena itu, bisa dipastikan siswa juga akan mengikuti Ulangan Akhir Semester secara online.

Ada banyak platform atau aplikasi ulangan jarak jauh atau ulangan online. Misalnya Google Form, Quizizz, Microsoft Forms, Moodle, dan banyak lagi aplikasi Ujian Berbasis Komputer atau Coputer Based Test ⟮CBT⟯.

Ujian online pada dasarnya sama dengan ujian offline ⟮menggunakan kertas dan pulpen⟯. Yang membedakan ujian online dengan ujian offline adalah tempat ujian, alat yang digunakan, dan waktu ujian. 

Apakah ujian online lebih susah? Tentu saja jawabannya relatif.

Mungkin saat ini sedang mempersiapkan diri untuk ujian, baca Tips Sukses Mengikuti Ulangan Akhir Semester. Agar lebih siap dan lancar mengikuti ujian online yang sebentar lagi diikuti, simaklah tips mengerjakan soal ujian online berikut ini.

Periksa Koneksi Internet

Ujian atau ulangan online sangat ditentukan oleh koneksi internet. Tanpa adanya koneksi internet, ujian online tidak akan bisa dilakukan. Sebelum mengikuti ujian online, periksalah koneksi internet dengan cara mengakses beberapa situs, misalnya google.com atau youtube.com. Jika kedua situs tersebut dapat dibuka dengan lancar, silahkan ikuti ujian online. Namun jika kedua situs tersebut tidak dapat dibuka, coba beralih ke tempat yang sinyal selulernya baik atau cari spot wifi. 

Koneksi internet juga harus dipastikan stabil dalam waktu ujian berlangsung. Jangan sampai ketika pertengahan waktu ujian tiba-tiba koneksi internet jelek sehingga soal tidak bisa ditampilkan.

Siapkan User Id dan Password

Pada umumnya pembuat sistem ujian online menempatkan user id dan password pada halaman awal login. Hal ini dilakukan agar orang yang tidak punya akses pada ujian tidak membuka soal sembarangan yang berakibat pada bocornya soal. Amankan user id kalian, dan ganti password segera dengan password baru yang unik sehingga akun kalian tidak disalahgunakan. Jangan lupa, password harus mudah diingat. User id dan pasword disimpan ditempat yang aman.

Cek Identitas 

Cek identitas kalian sebelum masuk pada soal. Pastikan memasukkan user id yang benar. Jangan mengerjakan soal jika identitas yang muncul bukan identitas kalian. Segera hubungi admin kelas atau pengajar jika menemui kendala masalah identitas.

Cermati Petunjuk Pengerjaan Soal

Sebelum mengerjakan soal, cermati petunjuk mengerjakan soal. Apakah soal tersebut pilihan ganda, menjawab singkat, essay, true-false, atau menjodohkan. Hal ini penting dilakukan agar tidak salah dalam menjawab soal dan hemat waktu mengerjakan soal.

Perhatikan Waktu Pengerjaan Soal

Tiap penyelenggara ujian memiliki pertimbangan tertentu dalam menentukan alokasi waktu dan jumlah soal ujian. Umumnya alokasi waktu mengerjakan satu soal adalah 2 sampai 3 menit, tergantung tingkat kesulitan soal. Jika soal berbentuk essay, bisa saja waktunya lebih lama. Pernah suatu ujian jumlah soal 100 butir pilihan ganda, peserta tidak mengecek alokasi waktunya padahal cuma diberikan waktu 1 jam saja. Tentu saja peserta kekurangan waktu untuk mengerjakan soal.

Selalu cek sisa waktu untuk mengatur kecepatan dalam mengerjakan soal. Jangan terburu-buru mengakhiri ujian jika waktu ujian masih banyak. 

Jika sisa waktu tinggal 10 menit, periksa kembali jawaban kalian. Kirimkan jawaban atau akhiri ujian jika waktu sudah kurang dari 5 menit.

Periksa Jumlah Soal

Jumlah soal biasanya dinformasikan pada petunjuk soal, ada pula yang menempatkan pada lajur sebelah kanan layar. Sesuaikan kecepatan menjawab dengan jumlah soal yang ada dan sesuaikan dengan waktu yang tersedia. Umumnya, untuk ujian dengan alokasi waktu 2 jam ⟮120 menit⟯, jumlah soal yang diujikan sebanyak 50-60 soal, tergantung tingkat kesulitannya.

Siapkan Kertas Buram

Untuk apa kertas buram? Tentu saja membuat perhitungan untuk soal yang melibatkan hitungan, seperti akuntansi, komputer, otomotif, fisika, kimia, apalagi matematika. Jangan anggap remeh kertas buram, peranannya besar pada mata uji yang melibatkan hitungan. Jangan sampai ketika menemukan soal hitungan, baru mencari kertas buram. Sebaiknya siapkan sebelum ujian dimulai.

Kerjakan dari Soal Termudah

Jika menemukan soal yang susah, sebaiknya dilewati saja. Kerjakan soal yang dianggap mudah terlebih dahulu. Kenapa? Karena soal yang susah akan menyita banyak waktu dan konsentrasi sehingga soal lain akan kekurangan waktu. Selain itu, konsentrasi yang tersita ketika mengerjakan soal yang susah akan menurunkan kemampuan berpikir pada soal berikutnya. Kerjakan soal susah pada sisa waktu yang tersedia setelah soal lain terjawab.

Ingat Berdoa

Apapun yang dikerjakan, jangan lupa berdoa. Semua usaha yang dilakukan akan lebih lancar jika mendapat restu dari Tuhan. Sebelum memulai ujian, biasakan berdoa, memohon kelancaran pada Tuhan.


Demikianlah tips mengerjakan soal online dengan lancar. Susah atau gampangnya ujian sangat dipengaruhi oleh kesiapan diri masing-masing. Oleh karena itu, jauh-jauh hari perlu menyiapkan diri dengan belajar. Semoga sukses!

Post a Comment for "Tips Mengerjakan Soal Ujian Online"