Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Eksplorasi Konsep-Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya-Studi Kasus

 

Eksplorasi Konsep-Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya-Studi Kasus
Dalam pembelajaran Eksplorasi Konsep, diberikan dua studi kasus, yaitu sebagai berikut.

Perhatikan video rapat berikut.


Studi Kasus 1

Selama kita berada di sekolah, pada saat rapat antar guru atau dengan kepala sekolah, biasanya apa yang dibahas? Apakah membahas apa yang menjadi kekurangan sekolah selama ini? Atau membahas soal kekuatan yang dimiliki oleh sekolah?

Jawaban:

Dalam rapat-rapat di sekolah selama ini, lebih banyak membahas kekuatan, potensi, dan aset sekolah yang bisa dimanfaatkan secara optimal untuk kemajuan murid. Selain itu, dalam rapat-rapat juga dibahas hal-hal baik yang sudah dilakukan, bagaimana meningkatkannya, dan mengimbaskannya pada guru lain.

Studi Kasus 2

Selama kita berada di sekolah, apabila kita mendiskusikan seorang murid bersama sesama rekan guru lainnya atau Kepala Sekolah, biasanya apakah yang kita bahas? Kekurangan atau kenakalan dari murid kita atau kebaikan atau kekuatan yang dimiliki murid kita?

Jawaban:

Ketika mendiskusikan seorang murid, biasanya dibicarakan tentang hal-hal yang menonjol/berkesan dari murid. Secara umum, yang dibicarakan adalah tentang kekuatan, potensi, dan bakat murid. Tidak jarang juga membahas kenakalannya, kekurangannya, kebaikannya, kelebihannya, ataupun potensinya. Jika yang dibahas adalah kekurangan/kenakalan murid, akan diimbangi dengan menyampaikan potensi, bakat, dan kebaikan yang pernah dilakukan murid tersebut.

Post a Comment for "Eksplorasi Konsep-Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya-Studi Kasus"