Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Cara Melakukan Publikasi Hasil Penelitian di Sekolah?


 


Sebuah laporan Penelitian Tindakan Kelas ⟮PTK⟯yang disusun oleh guru bisa dinilai dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ⟮PKB⟯ sub unsur Publikasi Ilmiah ⟮PI⟯, apabila laporan PTK tersebut telah diseminarkan di sekolah dan disimpan di perpustakaan sekolah.

Melakukan seminar PTK adalah kegiatan yang mudah. Karena, seminar ini ruang lingkupnya paling sedikit melibatkan 15 guru peserta dari 3 sekolah berbeda dalam 1 jenjang pendidikan. Untuk jumlah penyaji seminar tidak dibatasi. Tidak sesulit seminar tingkat kabupaten, provinsi, ataupun nasional. Dalam penyajian materi pun tidak perlu reviewer atau pengamat dari pihak luar. Hal ini merujuk pada Buku 4 Pedoman Penilaian PKB dan Angka Kreditnya.

Jika hanya ada satu orang guru yang akan melakukan seminar, memang cukup repot dalam hal mempersiapkan peserta yang berasal dari 3 sekolah. Namun ini dapat disiasati dengan cara melakukan seminar secara kolektif dengan penyaji dadi beberapa sekolah. Tiap penyaji diminta agar mengajak rekan guru sebagai peserta,sehingga syarat 15 orang guru dan berasal dari 3 sekolah bisa dipenuhi.

Untuk melakukan seminar PTK di sekolah, sebaiknya guru berkolaborasi dengan rekan-rekan sejawatnya. Sebab, melakukan seminar bukanlah kegiatan yang dapat dilakukan sendirian. Diperlukan sebuah kepanitiaan yang menangani kegiatan tersebut. Kepanitiaan seminar ini harus memiliki legalitas dalam bentuk Surat Keputusan ⟮SK⟯ Kepala Sekolah. Jika dalam suatu seminar sudah ditugaskan sebagai panitia, maka ketika akan tiba saatnya menjadi penyaji, guru lainnya yang ditugaskan sebagai panitia.

Adapun administrasi yang diperlukan untuk menyelenggarakan seminar PTK di sekolah adalah sebagai berikut.

SK Panitia Seminar

SK Panitia Seminar adalah legalitas yang dimiliki oleh panitia untuk melakukan kegiatan seminar. Dalam SK juga dipaparkan uraian tugas masing-masing personil yang duduk dalam seksi tertentu. Misalnya seksi acara, seksi perlengkapan, seksi kesekretariatan, dan lain-lain.

Surat Undangan Seminar

Surat undangan ini adalah dasar yang dipakai oleh kepala sekolah [sekolah penyelenggara maupun sekolah non penyelenggara] untuk menugaskan guru megikuti seminar, baik sebagai penyaji maupun sebagai peserta. Surat undangan juga dikirimkan kepada pengawas sekolah atau perwakilan Dinas Pendidikan di Kabupaten/Kota untuk membuka acara seminar.

Daftar Hadir Undangan Seminar

Sebagai bukti kegiatan, siapkan daftar hadir yang memuat beberapa kolom, minimal ada Nama, Asal Instansi, Posisi sebagai apa dalam seminar, dan tanda tangan.

Notulen Seminar

Notulen berisi catatan kegiatan seminar yang dibuat oleh notulis. Mulai dari pemaparan oleh moderator, kemudian pemaparan oleh penyaji, tanya jawab, dan pembacaan simpulan seminar.

Berita Acara Seminar

Berita acara seminar dibuat setelah selesainya kegiatan seminar. Berita adara ini menegaskan tentang hari dan tanggal kegiatan, tempat kegiatan, judul PTK, jumlah peserta, dan jalannya seminar. Berita acara ditandatangani oleh notulis, moderator, dan disahkan oleh kepala sekolah.

Surat Keterangan Seminar

Surat Keterangan Seminar dibuat oleh Ketua Panitia dan disahkan oleh Kepala Sekolah. Surat keterangan ini menerangkan bahwa benar seseorang telah melakukan seminar sesuai tempat dan waktu pada berita acara.

Bahan Tayang Paparan Penyaji

Bahan tayangan seminar berupa powerpoint atau slide presentasi sejenis, dibuat screenshot-nya kemudian diletakkan dalam dokumen yang dicetak.

Foto-foto Seminar

Foto yang dilampirkan sebagai bukti seminar minimal memuat acara pembukaan, seperti menyanyikan lagu Indonesia Raya, Doa, dan sambutan kepala sekolah. Acara inti, yaitu pembukaan oleh moderator, pemaparan materi seminar, tanya jawab, dan menanggapi pertanyaan peserta. Acara penutup bisa berupa foto bersama para penyaji seminar dengan kepala sekolah.


Sebagai perbandingan, silahkan unduh Admin semiar PTK dan SK Panitia di bawah ni. 

Admin Seminar PTK

SK Panitia

Demikian sekilas tentang publikasi hasil penelitian tindakan kelas dalam seminar PTK yang pernah penulis lakukan di sekolah bersama rekan-rekan guru. Semoga bermanfaat! 

Post a Comment for "Bagaimana Cara Melakukan Publikasi Hasil Penelitian di Sekolah?"