Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Abstrak PTK Flipped Classroom



Penerapan Strategi Flipped Classroom dalam Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII TKJ2 SMK Negeri 1 Manggis Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020


Oleh:

I Made Adi Ismaya


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XII TKJ2 SMK Negeri 1 Manggis melalui penerapan strategi flipped classroom dalam pembelajaran berbasis masalah.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XII TKJ2 SMK Negeri 1 Manggis semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 32 siswa. Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Data tentang hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes berbentuk objektif dan uraian. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa Kelas XII TKJ2 SMK Negeri 1 Manggis yang dibelajarkan dengan menerapkan strategi flipped classroom dalam pembelajaran berbasis masalah mengalami peningkatan dari refleksi awal ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Besarnya peningkatan hasil belajar siswa pada ranah pengetahuan sebesar 8,8 ⟮dari 60,3 menjadi 69,1⟯ dan pada ranah keterampilan sebesar 13,0 ⟮dari 55,9 menjadi 68,9⟯ pada siklus I dan pada ranah pengetahuan sebesar 10,3 ⟮dari 69,1 menjadi 79,4⟯ dan pada ranah keterampilan sebesar 8,7 ⟮dari 68,9 menjadi 77,6⟯ pada siklus II.

Kata-kata kunci: strategi flipped classroom, model pembelajaran berbasis masalah, dan hasil belajar siswa.



Post a Comment for "Abstrak PTK Flipped Classroom"